BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Friday, January 13, 2012

Ya Allah JadikanLah KeluargaKU Sebuah Keluarga Yang Sakinah

Doa Keluarga Sakinah



Wahai Tuhan kami! Karuniakanlah kepada kami isteri dan keturunan yang menjadi cahaya mata, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang memelihara dirinya (dari kejahatan) ." (Q.S. Al-Furqaan [25]:74) 


Semoga Allah mengaruniakan kita pendamping terbaik pilihan-Nya, sehingga perjuangan kita dalam meniti kehidupan berumah tangga dalam keadaan terasa indah dan menyejukkan berkat pertolongan dan karnia Allah tersebut. Berumahtangga bukanlah suatu hal yang mudah seperti halnya membalikkan kedua telapak tangan. Jika tidak hati-hati dalam menitinya, baik dalam perencanaan mahupun ketika mengharunginya, ia akan menjadi bahagian dari sebuah penderitaan yang seolah tiada bertepi bagi sesiapa pun yang menjalaninya. 


Sejak awal-awal lagi, Allah SWT memperingatkan kepada setiap orang beriman agar hati-hati dalam hal tersebut, sebagaimana firman-Nya, "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. " (Q.S. At-Taghaabun [64]:14)


Ayat di atas menjelaskan, bahawa mungkin  pasangan yang telah kita pilih untuk mendampingi hidup kita dan anak-anak yang dilahirkannya menjadi musuh bagi diri kita. Ayah dan ibu terhancurkan kehormatan dan harga diri keluarganya karana perilaku dan akhlak buruk yang diperlihatkan anak-anaknya. 


Untuk itu, hal pertama yang harus kita  memohon kepada Allah dengan segala kelemahan diri agar Ia menolong dan mengurniakan kepada kita pendamping terbaik dan anak-anak yang soleh dan solehah. Maka doa yang diperintahkan Allah dalam Alquran untuk hal tersebut adalah, " Wahai Tuhan kami! Karuniakanlah kepada kami isteri dan keturunan yang menjadi cahaya mata, dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang memelihara dirinya (dari kejahatan)." (Q.S. Al-Furqaan [25]:74)


Ciri-ciri  yang dimaksud oleh doa ini adalah isteri yang menyejukkan mata ketika dipandang, dapat menjadi teladan bagi sesiapapun. Ia juga tidak akan pernah memperlihatkan wajah yang muram durja, berbicara marah wajah yang menyeramkan. Akhlaknya akan terlihat jauh lebih indah dibanding kecantikan wajah dan tubuhnya. 


Akhlaknya akan tercermin  perilakunya sehari-hari, baik terhadap suami mahupun orang lain di luar keluarganya. Dia senantiasa menghormati suami, meski suaminya berumur sama dengannya. Kata-kata yang keluar dari mulutnya terasa menyejukkan, bersih, dan penuh kearifan sehingga tidak pernah ada yang terlukai. 


Oleh karena itu, meski ia terus beranjak tua dan berubah karana perjuangannya dalam melahirkan dan membesarkan anak-anak, namun wajahnya tetap terlihat cerah dan bersinar. Hal itu tiada lain karena cerminan dari suasana hati yang senantiasa bersih dan bening. Di samping itu, ia juga akan senantiasa bersyukur, menghadapi setiap kejadian dengan sabar dan yakin akan pelajaran dari Allah. Walahu a'lam.

0 comments: